Apakah Webtoon Boros Kuota

Apakah Webtoon Boros Kuota

Apakah webtoon boros kuota ? itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan pecinta komik online webtoon . agar lebih jelasnya saya akan memberikan jawaban yang lengkap di artikel ini . untuk itu jangan kemana mana ya sobat .

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai apakah webtoon boros kuota , ada baiknya saya akan jelaskan kembali mengenai aplikasi yang satu ini . yang merupakan salah satu aplikasi yang banyak disukai anak muda yang masih menyukai membaca komik terutama komik online .

Apa sih aplikasi webtoon ?

Aplikasi webtoon adalah aplikasi komik online yang mana di dalamnya banyak sekali cerita cerita kartun . pastinya anak mudah yang masih sering membaca buku komik tentu sudah sangat sekali .

Aplikasi webtoon ini bisa anda akses melalui aplikasi yang tersedia di playstore dan juga berbentuk website yang bisa akses secara langsung melalui aplikasi browser di ponsel atau perangkat komputer anda .

Untuk mengakses webtoon ini , membutuhkan koneksi internet untuk membuka halaman dari webtoon . dan inilah yang akan kita bahasa kali ini mengenai pertanyaan apakah webtoon boros kuota ?

Apakah webtoon boros kuota ?

Apakah Webtoon Boros Kuota
Apakah Webtoon Boros Kuota

Sebelum membahas lebih dalam mengenai apakah webtoon boros kuota , kita perlu membandingkan terlebih dahulu dengan aplikasi lain agar kita tahu berapa perbedaannya . disini saya akan membandingkan konsumsi kuota yang di habis kan aplikasi webtoon dengan aplikasi youtube yang berupa video dan aplikasi pemutar musik yaitu spotify .

Inilah perbedaan konsumsi data aplikasi webtoon dengan aplikasi youtube dan aplikasi 

  • Jika anda menonton video youtube dengan resolusi sebesar 720p selama 10 menit menurut data yang kami dapatkan adalah sebesar 150 MB kuota yang telah dihabiskan. 
  • Jika anda menggunakan aplikasi pemutar musik spotify , dimana anda menggunakannya selama satu jam nonstop , menurut data yang telah kami terima , kuota yang telah di habiskan adalah sekitar 150 MB juga , jika ingin melihat 10 menit tinggal membaginya saja .
  • Sedangkan jika akses situs atau aplikasi webtoon satu episode saja , tentunya dengan banyak gambar . karena memang komik bergambar maka kuota yang di habiskan antar 3 hingga 10 MB , tentunya sangat berbeda jauh sekali dengan kedua aplikasi youtube dan spotify .

Jadi dari pengalaman dan pengujian yang kami lakukan , nyatanya konsumsi webtoon tidak boros . jadi paham ya mengenai pertanyaan Apakah Webtoon Boros Kuota ? jelas saya katakan tidak boros kuota alias hemat kuota . 

Baca juga : Cara Dapat Koin Webtoon Gratis

Faktor faktor penyebab konsumsi kuota webtoon besar 

Meskipun terbilang hemat kuota internet jika dibandingkan dengan aplikasi youtube yang berbentuk video , anda perlu tahu penyebab menggunakan webtoon menjadi menguras kuota internet anda , diantaranya adalah sebagai berikut ini : 

  • Jenis dan panjang episode . webtoon adalah komik online yang memuat banyak gambar , jika semakin panjang episode yang dibuka pengguna maka konsumsi kuota internet semakin banyak tentunya .
  • Kualitas gambar . resolusi gambar yang ada di webtoon juga sangat mempengaruhi jumlah kuota yang akan dihabiskan , jika gambar yang dimuat beresolusi tinggi , maka jumlah kuota semakin besar .
  • Frekuensi penggunaan aplikasi . jika kamu sering banget membuka episode yang ada di webtoon dalam jangka waktu yang lama dan berpindah dari episode ke episode lainnya . tentu saja kuota akan cepat sekali terkuras .

Tips hemat kuota saat menggunakan webtoon

Apakah Webtoon Boros Kuota
Apakah Webtoon Boros Kuota

Pertanyaan Apakah Webtoon Boros Kuota sudah saya jawab sebelumnya . sekarang saya akan memberikan tips bagaimana menghemat kuota internet jika membaca komik online webtoon tersebut . tips yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut ini : 

  • Cara paling mudah dan tentunya sangat dianjurkan untuk unduh episode webtoon dan membukanya adalah dengan menggunakan jaringan wifi di bandingkan dengan menggunakan data seluler . apalagi banyak wifi gratis sekarang ini yang bisa anda akses dengan mudah di tempat tempat vital misalnya wifi indihome gratis atau cafe cafe yang menyediakan wifi gratis .
  • Jika aplikasi menyediakan penggunaan resolusi tinggi untuk gambar yang dimuat , ada baiknya buka dengan resolusi yang lebih rendah untuk menghemat kuota anda .
  • Jangan terlalu banyak membuka halaman komik yang banyak , ada baiknya mengunduh episode yang anda pilih untuk dibaca dan dilihat secara offline . jika waktu ada wifi ada baiknya anda melakukan pengunduhan episode yang anda inginkan dan anda bisa baca di lain waktu tanpa menggunakan data .
  • Menghapus episode lama yang tersimpan juga bisa menjadi opsi untuk mengurangi konsumsi data internet saat anda mengakses layanan komik online webtoon.

Penutup 

Jika anda memang membuka aplikasi atau situs webtoon tentu saja anda memerlukan data internet agar bisa mengakses dan mengunduh tiap episode komik yang anda inginkan . menggunakan tips hemat kuota yang telah saya jelaskan , tentunya bisa menjadi solusi anda yang hanya memiliki sedikit kuota di ponselnya .

Mungkin itu saja tentang jawaban pertanyaan Apakah Webtoon Boros Kuota , sudah saya jelaskan secara gamblang dan terperinci . semoga informasi ini bisa berguna untuk anda .

 

You May Also Like